NAMA : Dian Sari Rizki Prassisca
KELAS : 4EA03
NPM : 10207323
Tugas Riset Pemasaran (Review Jurnal)
1. Tema/Topik : Pengaruh Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk
2. Judul, Pengarang, & Tahun
1. Judul : Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Diferensiasi
Produk Sim Card XL Di Wilayah Kartasura
Nama : Ristanto, Sugeng
Tahun : 2010
2. Judul : Persepsi Konsumen Terhadap Pajak Penjualan Barang Mewah
(PPnBM) Pada Barang Elektronika di Kota Malang
Nama : Adriani dalam Brotodihardjo
Tahun : 1985
2. Judul : Persepsi Konsumen Terhadap Selebrity Endoser Dalam Mengiklankan
Produk Kecantikan
Nama : Rinaldi Bursan, S.E., M.Si
Tahun : 2009
3. Latar Belakang & Masalah
Perkembangan usaha dewasa ini telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan di segala bidang. Melihat kondisi tersebut menyebabkan pebisnis semakin dituntut untuk mempunyai strategi yang tepat dalam memenuhi target volume penjualan. Perubahan ini menyebabkan perusahaan saling bersaing untuk menerapkan berbagai macam produk atau jasa agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik dan optimal. Hal ini dapat berjalan apabila para manajer produksi dan operasi pada perusahaan itu mengoptimalkan produk yang ingin dipasarkan dengan lebih baik. Dikarenakan yang semakin menggila akan produk yang dihasilkan. Dan untuk meningkatkan mutu/kualitas produk, perusahaan harus melakukan pengembangan sistem secara terus-menerus untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin bertambah. Dan untuk melakukan pengembangan sistem ini, perusahaan untuk membuat perancanaan dan rancangan yang dibutuhkan untuk pengembangan sistem produk tersebut supaya dapat menghasilkan keuntungan yang positif bagi perusahaan, karena kemajuan dan perkembangan ditentukan oleh proses perencanaan, pengaturan, pengkontrolan dan pengkoordinasian kegiatan-kegiatan kerja dan penggunaan sumber daya agar tercapainya suatu hasil yang diinginkan.
Oriflame adalah perusahaan kosmetik alami yang didirikan sejak tahun 1967 di Negara Swedia. Namun berawal di Indonesia tahun 1986. Tujuan oriflamme bagi konsumen adalah membantu orang lain untuk tampil luar biasa, menghasilkan uang,raihlah kesuksesan bersama oriflame. “ Make Money Today and Fulfil Your Dreams Tomorrow “.
Produk yang kami tawarkan adalah berbagai macam produk kosmetik alami, Adapun keunggulan yang dimiliki oleh oriflamme adalah :
1. Menunjukkan katalog dan mengambil order dan hasilkan 30% keuntungan langsung .
2. Ajak orang lain bergabung dan hasilkan hingga 21% atas penjualan pribadi anda dan penjualan Consultant dalam grup anda. Kembangkan para Director anda dan anda akan mencapai titel director yang lebih tinggi. Anda juga akan menhasilkan uang jauh lebih banyak .
3. Program business class adalah promosi bulanan yang berkelanjutan bagi semua consultant. Dengan memenuhi kualifikasinya,anda mendapatkan iskon hingga 50% atas satu produk dibulan berikutnya. Di beberapa bulan, keuntungan khusus business class yang beragam akan ditambahkan pada program tersebut. Untuk memenuhi kualifikasinya, anda harus melakukan order pribadi 150 bp dalam satu bulan.
Berdasarkan semakin tingginya kebutuhan konsumen masyarakat terhadap alat perawatan pada tubuh manusia agar kebersihan selalu terjaga dan meningkatnya persaingan untuk merebut konsumen maka penulis tertarik untuk meneliti “ Pengaruh Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk priflame ".
Berdasarkan dari permasalahan yang telah diuraikan di atas, Apakah persepsi dan perilaku konsumen berpengaruh terhadap keputusan memilih pada produk oriflamme ?
4. Metodelogi
Tahun : 1985
2. Judul : Persepsi Konsumen Terhadap Selebrity Endoser Dalam Mengiklankan
Produk Kecantikan
Nama : Rinaldi Bursan, S.E., M.Si
Tahun : 2009
3. Latar Belakang & Masalah
Perkembangan usaha dewasa ini telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan di segala bidang. Melihat kondisi tersebut menyebabkan pebisnis semakin dituntut untuk mempunyai strategi yang tepat dalam memenuhi target volume penjualan. Perubahan ini menyebabkan perusahaan saling bersaing untuk menerapkan berbagai macam produk atau jasa agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik dan optimal. Hal ini dapat berjalan apabila para manajer produksi dan operasi pada perusahaan itu mengoptimalkan produk yang ingin dipasarkan dengan lebih baik. Dikarenakan yang semakin menggila akan produk yang dihasilkan. Dan untuk meningkatkan mutu/kualitas produk, perusahaan harus melakukan pengembangan sistem secara terus-menerus untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin bertambah. Dan untuk melakukan pengembangan sistem ini, perusahaan untuk membuat perancanaan dan rancangan yang dibutuhkan untuk pengembangan sistem produk tersebut supaya dapat menghasilkan keuntungan yang positif bagi perusahaan, karena kemajuan dan perkembangan ditentukan oleh proses perencanaan, pengaturan, pengkontrolan dan pengkoordinasian kegiatan-kegiatan kerja dan penggunaan sumber daya agar tercapainya suatu hasil yang diinginkan.
Oriflame adalah perusahaan kosmetik alami yang didirikan sejak tahun 1967 di Negara Swedia. Namun berawal di Indonesia tahun 1986. Tujuan oriflamme bagi konsumen adalah membantu orang lain untuk tampil luar biasa, menghasilkan uang,raihlah kesuksesan bersama oriflame. “ Make Money Today and Fulfil Your Dreams Tomorrow “.
Produk yang kami tawarkan adalah berbagai macam produk kosmetik alami, Adapun keunggulan yang dimiliki oleh oriflamme adalah :
1. Menunjukkan katalog dan mengambil order dan hasilkan 30% keuntungan langsung .
2. Ajak orang lain bergabung dan hasilkan hingga 21% atas penjualan pribadi anda dan penjualan Consultant dalam grup anda. Kembangkan para Director anda dan anda akan mencapai titel director yang lebih tinggi. Anda juga akan menhasilkan uang jauh lebih banyak .
3. Program business class adalah promosi bulanan yang berkelanjutan bagi semua consultant. Dengan memenuhi kualifikasinya,anda mendapatkan iskon hingga 50% atas satu produk dibulan berikutnya. Di beberapa bulan, keuntungan khusus business class yang beragam akan ditambahkan pada program tersebut. Untuk memenuhi kualifikasinya, anda harus melakukan order pribadi 150 bp dalam satu bulan.
Berdasarkan semakin tingginya kebutuhan konsumen masyarakat terhadap alat perawatan pada tubuh manusia agar kebersihan selalu terjaga dan meningkatnya persaingan untuk merebut konsumen maka penulis tertarik untuk meneliti “ Pengaruh Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk priflame ".
Berdasarkan dari permasalahan yang telah diuraikan di atas, Apakah persepsi dan perilaku konsumen berpengaruh terhadap keputusan memilih pada produk oriflamme ?
4. Metodelogi
a. Data atau Variabel
Dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, dengan melibatkan 50 responden terpilih untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian pada produk oriflame.
b. Model
Gambar dan Produk
c. Tahapan
5. Hasil & Kesimpulan
Hasil & Kesimpulan Jurnal 1 : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap diferensiasi pada produk Sim card XL dengan beberapa kriteria yang disesuaikan dengan variabel-variabel penelitian, yaitu, Konten (what to offer), konteks (how to offer), dan infrastruktur (anabler).Penelitian ini tergolong tipe test marketing studies karena bertujuan untuk mengetahui sejauh mana persepsi konsumen SIM Card mengenai diferensiasi yang diterapkan oleh produk SIM Card XL. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen atau masyarakat yang yang pernah membeli atau sedang membeli SIM Card XL di wilayah Kartasura.
Dengan menggunakan tekhnik non probability sampling.
Hasil & Kesimpulan Jurnal 2 : Dibandingkan dengan dua pajak tersebut, PPN memiliki basis yang lebih luas karena tidak hanya meliputi produsen pabrikan, tetapi juga mencakup distributor, agen besar dan penjual eceran. Ketika ketentuan PPN diterapkan pada tahun 1985, maka penerimaan PPN langsung meningkat tajam. Tingginya penerimaan PPN disebabkan oleh dua faktor, yaitu adanya basis pajak yang lebih luas dan tambahan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang tarifnya 10% diatas tarif PPN. Selain hal tersebut diatas perilaku konsumen juga mengalami pergeseran yang sangat signifikan baik secara individu maupun lingkungan ataupun keterkaitan antara keduanya.
Hasil & Kesimpulan Jurnal 3 : Hampir semua produk kosmetika di Indonesia dipasarkan melalui promosi above the line berupa iklan baik di media cetak maupun media elektronik, ataupun melalui below the line dengan menjadi sponsor di
acara wanita, lomba kecantikan dan aktifitas wanita lainnya. Promosi ini dimaksudkan
untuk menjerat kesadaran konsumen agar merek yang dipromosikan dikenal oleh mereka. Berdasarkan hasil uji F dapat disimpulkan bahwa produk, distribusi, promosi dan harga secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t menunjukkan bahwa produk, distribusi, promosi dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Hasil & Kesimpulan peneliti : Secara keseluruhan harga, produk, promosi dan distribusi berpengaruh terhadap keputusan pembeian.
6. Saran
Agar penjualan produk terus meningkat, perusahaan perlu memperbaiki cara kerja karyawan dan meningkatkan kapasitas produksi, diversivikasi produk dan kualitas produk agar konsumen tidak berpindah kepada perusahaan lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar