myspace backgrounds images

Minggu, 16 Mei 2010

PENULISAN ILMIAH

ANALISIS KEPUASAN NASABAH TERHADAP PELAYANAN JASA PERBANKAN PT.ASURANSI BUMI ASIH JAYA KANTOR CABANG JAKARTA

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dasawarsa terakhir ini telah mengakibatkan banyak sekali perubahan-perubahan dalam manajemen operasional untuk melakukan pengembangan kualitas produk dan jasa guna memenuhi kebutuhan konsumen . Perubahan ini menyebabkan perusahaan saling bersaing untuk menerapkan teknologi canggih dan tepat guna agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik dan optimal. Hal ini dapat berjalan apabila para manajer produksi dan operasi pada perusahaan itu mengoptimalkan kinerja mereka pada perusahaan.dikarenakan kemajuan perekonomian yang semakin menggila akan produk yang dihasilkan, pada akhirnya hal itu mendorong pertumbuhan dibidang jasa.

Dan untuk meningkatkan mutu/kualitas produk, perusahaan harus melakukan pengembangan sistem secara terus-menerus untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin bertambah. Dan untuk melakukan pengembangan sistem ini, peran manajemen proyek sangat diperlukan untuk membuat perancanaan dan rancangan yang dibutuhkan untuk pengembangan sistem tersebut supaya dapat menghasilkan keuntungan yang positif bagi perusahaan, karena kemajuan dan perkembangan ditentukan oleh proses perencanaan, pengaturan, pengkontrolan dan pengkoordinasian kegiatan-kegiatan kerja dan penggunaan sumber daya agar tercapainya suatu hasil yang diinginkan.

Manajemen proyek merupakan suatu tatanan yang terdiri atas organisasi, teknologi, himpunan data dan sumber daya manusia yang mampu menghasilkan sesuatu yang baru untuk mendukung berbagai upaya dalam mewujudkan sasaran yang diinginkan perusahaan melalui suatu perencanaan proyek, yang meliputi biaya, sumber daya, waktu pelaksanaan, pengaturan dan hal-hal lain yang berhubungan dengan proyek tersebut. Manajemen proyek terdiri dari dua kata manajemen dan proyek, manajemen adalah proses perencanaan, pengaturan, pengkontrolan dan pengkoordinasian, sedangkan proyek dapat diasumsikan sebagai sesuatu yang besar untuk ditentukan bagaimana cara untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

PT. Asuransi Bumi Asih Jaya adalah perusahaan asuransi jiwa milik bangsa indonesia yang pertama dan tertua. PT. Asuransi Bumi Asih Jaya didirikan pada tanggal 12 Februari 1912, sejak awal pendirian Bumiputera sudah menganut sistem kepemilikan dan kepenguasaan yg unik, yakni bentuk badan usaha "mutual" atau " usaha bersama".

Produk yang kami tawarkan diantaranya tabungan, investasi berjangka, dana pendidikan dan kesehatan.
Adapun keunggulan Program Tabungan dan Investasi adalah :

1. Tingkat suku bunga tabungan dan investasi yang di asumsikan sangat tinggi yaitu 9% s/d 12% dengan 4,5% (berlaku untuk semua program tabungan dan investasi, serta Produk yang di tawarkan sebagian besar bukanlah produk dari UNIT LINK ( UNIT LINK : Resiko kerugian Investasi ditanggung oleh nasabah/pemegang Polis).
2. Menjamin Kepastian keamanan tabungan dan Investasi tanpa adanya batas minimal, dengan kata lain berapapun besaran uang yang di tabung dan di investasikan,
Bumi Asih Jaya 1912 menjamin penuh kepastian keamanan dan pengembaliannya.
3. Menjamin kepastian dana pendidikan putra-putri Bapak/Ibu secara bertahap (TK, SD, SMP, SMU DAN PERGURUAN TINGGI), bila mengambil dana pendidikan.

1.2 Perumusan Masalah

Masalah yang akan dibahas pada PT. Asuransi Bumi Asih Jaya dan hanya pada produk layanan jasa adalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana mempengaruhi ketertarikan masyarakat terhadap PT. Asuransi Bumi Asih Jaya?
  2. Bagaimana manajemen PT. Asuransi Bumi Asih Jaya dalam menganalisis produk jasa tersebut?

Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan, maka permasalahan pokok yang dibahas dan dianalisis secara spesifik dalam Penulisan ilmiah ini adalah

“Bagaimana tingkat efisiensi dan efektifitas perencanaan produk, sehingga dapat menghasilkan benefit pada PT. Asuransi Bumi Asih Jaya.

1.3 Tujuan Penelitian

Tujuan penyusunan Penulisan ilmiah ini adalah,

1. untuk merancang suatu manajemen (dalam hal produk jasa) yang ada pada PT. Asuransi Bumi Asih Jaya untuk menganalisis estimasi mengenai biaya serta waktu dan sumber daya yang digunakan dalam pelaksanaannya.

2. untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas perencanaan produk jasa sehingga dapat menghasilkan benefit pada PT. Asuransi Bumi Asih Jaya.

1.5 Manfaat Penelitian

1.5.1 Bagi Penulis

Diharapkan penelitin ini berguna menambah wawasan dalam Mempelajari pemasaran yang berhubungan dengan perilaku dan Keinginan serta harapan pemakai asuransi secara khusus dan masyarakat dan perusahaan pada umumnya,yang melakukan kerjasama layanan asuransi dengan PT.Asuransi Bumi Asih Jaya Jakarta.

1.5.2 Bagi PT.Asuransi Bumi Asih Jaya Jakarta

Dari hasil penelitian diharapkan dapat membantu dalam langkah-langkah pengambilan kebijakan PT.Asuransi Bumi Asih Jaya khususnya pada pemakaian asuransi dalam upaya menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan dengan sebaik-baiknya.Sehingga pelanggan yang ada dapat dipertahankan dan menarik simpatik pelanggan baru.

1.5.3 Bagi Masyarakat Ilmiah

Bagi masyarakat ilmiah hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai informasi tentang ruang lingkup instalasi asuransi di PT.Asuransi Bumi Asih Jaya Jakarta,bagaimana system pelayanan yang diberikan serta tanggapan atau respons pelanggan dan kebijakan-kebijakan yang diambil dalam menyelesaikan problematika.

1.6 Metode Penelitian

1.6.1 Objek Penelitian

Yang di jadikan objek penelitian oleh penulis adalah Instalasi PT Asuransi Bumi Asih Jaya Jl. Pasar minggu no. 00 Jakarta Selatan.

1.6.2 Data/variable

Dalam penulisan ini penulis menggunakan data Chi square dan skala Likert sederhana dengan memberikan kuesioner yang berisi 15 pertanyaan dengan mengambil sampel 100 responden.

1.6.3 Metode pengumpulan Data/Variabel

Dalam pengumpulan data penulisan menggunakan metode kuesioner. Yaitu metode yang berupa pertanyaan – pertanyaan yang diajukan kepada 100 orang responden yang dipilih menggunakan metode sample acak (random sampling). Pertanyaan – pertanyaan yang diajukan diolah dengan menggunakan metode Skala Likert.

1.6.4 Hipotesis

Hipotesis awal yaitu nasabah merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan PT.Asuransi Bumi Asih Jaya cabang Jakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar